Beranda > Seluler > Pundi Operator Seluler Kian Tebal

Pundi Operator Seluler Kian Tebal

Tak mengherankan jika operator sigap di masa Lebaran. Apalagi Lebaran 2010 diperkirakan terjadi perpanjangan masa panen karena libur panjang. Operator optimistis bisa meraih lonjakan pendapatan hingga 30%.

“Persentase keuntungan diperkirakan hampir sama dengan tahun kemarin. Dibandingkan bulan sebelumnya, kami perkirakan terjadi kenaikan revenue sebesar 25% hingga 30%,” kata Group Head VAS Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya baru-baru ini di Jakarta.

Indosat memperkirakan tahun ini ada perpanjangan masa panen Lebaran karena jangka waktu libur yang lebih panjang. Masa panen operator itu dipengaruhi arus mudik dan arus balik.

“Kalau menurut pengalaman, titik puncak penggunaan layanan biasanya tergantung pada arus pergi dan pulang. Arus pergi diperkirakan mulai tinggi pada H-7 atau 3-4 September,” paparnya.

Ia menambahkan, libur kemudian berlanjut pada hari Lebaran 10-11 Agustus. Hari Senin, 13 Agustus, masyarakat yang tidak mengambil cuti biasanya sudah pulang. “Hari itu biasanya juga layanan komunikasi mengalami peningkatan penggunaan,” papar Teguh

Meskipun begitu, Teguh memperkirakan bahwa titik puncak Lebaran baru akan berakhir di penghujung September. “Berbagai lapisan masyarakat ada yang libur hingga 20 September. Oleh karena itu, puncak Lebaran diperkirakan hingga akhir September,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Head of Corporate Communication XL Febrianti Nadira. “Kenaikan penggunaan layanan XL paling tinggi adalah SMS. Menjelang Ramadan saja terjadi kenaikan 28%, sementara hari pertama Ramadan terjadi peningkatan 45% dan pada minggu kedua sebesar 32%.”

Jika dibandingkan tahun lalu, pada Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan penggunaan layanan data, voice dan SMS sebesar 30% dibandingkan bulan sebelumnya. “Kalau tahun lalu, peningkatan hanya sebesar 20%,” katanya.

Sedangkan Telkomsel, optimistis terjadi peningkatan yang sangat tinggi hingga 60% untuk penggunaan SMS. “Pada saat masa normal, SMS biasanya 727 juta per hari. Namun, di masa Lebaran diperkirakan akan naik 50% hingga 60%,” kata GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra.

Di sisi lain, jumlah peningkatan penggunaan layanan data dan voice Telkomsel hampir sama dengan operator lain. Untuk layanan suara, pada saat normal biasanya terjadi penggunaan sebanyak 884 juta menit per hari.

“Pada masa Lebaran tentu saja mengalami peningkatan mencapai 20-25%. Tidak hanya itu, layanan data juga mengalami peningkatan 20-25% pada musim Lebaran 2010 dari penggunaan 2 terabyte per hari di masa normal.”

Sementara operator Axis tidak terlalu memaksakan diri dengan membuat target keuntungan. “Untuk Axis kami belum bisa menarik tren. Coverage tahun lalu lebih sempit dari sekarang. Kalau apple to apple belum bisa dibandingkan secara sepadan karena jumlah konsumen tahun lalu dan sekarang tidak sama,” kata Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty.

Kategori:Seluler Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: