Beranda > Telekomunikasi > Hard Cluster Telkomsel Memberatkan Rakyat Kecil

Hard Cluster Telkomsel Memberatkan Rakyat Kecil

Jual PulsaMungkin tidak ada yang percaya dan terkesan dibuat-buat jika disebutkan Hard Cluster Telkomsel membuat perekonomian rakyat kecil semakin terpuruk. Lha apa hubungannya Klasterisasi Telkomsel dengan rakyat kecil? Begitu mungkin pikir Anda?

Oke seperti yang kita ketahui semua, Telkomsel telah menjadi market leader di antara semua provider telekomunikasi di Indonesia. Si “Merah” ini telah menguasai 60% market share, terus disusul Indosat, XL dan beberapa provider lainnya.

Sementara regulasi cluster-mengcluster ini telah membatasi ruang gerak isi pulsa server yang notabene pelanggan (agen pulsa)nya dominan adalah masyarakat biasa, mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, hingga ibu rumah tangga. Bayangkan hanya dengan Rp50ribu, dan modal 1 buah HP yang bisa SMS, agen pulsa bisa melakukan isi pulsa elektrik dan penjualan pulsa langsung dari jempolnya. Dengan modal minim, tanpa perlu repot.

Saking mudahnya Anda pun bisa menjajakan pulsa sambil berkeliling. Seperti yang dilakoni oleh Pak Barus ini (sumber: http://ksemar.wordpress.com/2008/10/23/m-barus-penjual-pulsa-keliling-telkomsel/). Selepas pengunduran dirinya sebagai pegawai di sebuah akademi kebidanan di Kota Stabat, ia menjajakan pulsa keliling dari desa ke desa di Kabupaten Langkat dengan sepeda motornya.

Meskipun artikel mengenai Pak Barus ini dipost tahun 2008, namun banyak juga Pak Barus-Pak Barus lainnya yang menjual pulsa secara keliling, entah di lingkungan kantor, perumahan, ataupun di sekolah pun di kampus. Nah dengan berkeliling seperti ini tentu tidak sejalan dengan kebijakan cluster Telkomsel bukan? Outer-Region lah, Cross-Region lah, bikin Pak Barus-Pak Barus ini kesulitan untuk mengembangkan usahanya. Mau isi pulsa daerah sini nggak bisa, mau isi pulsa kerabat, tanya dulu di mana lokasinya, dekat atau jauh, wah sussaaahh….

Stok Mkios langka, harga pulsa Telkomsel menjadi mahal. Semakin sulit untuk rakyat kecil mendapatkan pulsa Telkomsel apalagi menjualnya. Hmmmhhff.. Hard Cluster Telkomsel sungguh meresahkan!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: